Salah satu jenis blogger yang digemari dan merupakan salah satu kegiatan blogging yang potensial untuk dimonetisasi adalah travel blogger. Menjadi travel blogger memang sangat menyenangkan apalagi jika sudah sudah menghasilkan pendapatan. Selain bisa bersenang-senang bepergian ke tempat-tempat wisata, travel blogger bisa juga mendapatkan penghasilan dari kegiatan monetisasi blognya.

Namun untuk menjadi travel blogger yang professional dan sukses tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh kerja keras dan perjuangan yang panjang untuk mewujudkannya. Selain konsistensi menulis, blogwalking dan menambah jaringan, travel blogger bisa melakukan 3 tips berikut untuk semakin menjadikan Anda sukses di dunia travel blogger. Berikut ketiga tips tersebut.

1. Menjelaskan Dengan Lebih Detail
Tips pertama yang bisa teman-teman blogger lakukan untuk menjadi travel blogger yang sukses adalah menjelaskan atau mendeskripsikan kisah perjalanan Anda dengan lebih terperinci atau detail. Dengan kisah yang lebih lebih detail blog Anda akan tersaji lebih informatif dan akan banyak disukai pengunjung yang datang.

Cerita perjalanan informatif yang bisa Anda sajikan ini misalnya rute perjalanan, pilihan tempat penginapan atau mungkin juga tempat oleh-oleh atau pilihan jasa tour guide. Informasi ini memang kurang berhubungan dengan tempat wisata yang kita akan ulas. Namun percayalah dengan Anda menyajikan informasi lebih detail, blog Anda akan memiliki nilai tambah sendiri.

Namun untuk mendapatkan informasi detail ini Anda memang harus berjuang lebih ekstra. Anda mungkin saja harus melakukan wawancara dengan beberapa pihak atau orang tertentu untuk mendapatkan informasi tersebut. Dengan tulisan yang detail ini blog Anda akan dilihat sebagai blog yang kompeten dan kemungkinan untuk mendapatakn hasil dari monetisasi akan semakin terbuka lebar.

2. Memperhatikan Kualitas Tulisan
Content is the king, begitu kira-kira pepatah dunia blogger mengatakan. Ya hampir dalam semua tipe atau jenis blog, content yang didominasi tulisan akan menjadi hal yang paling penting untuk dijadikan senjata utama dalam kegiatan blogging. Dalam travel blog, usahakan tulisan Anda mengarah ke jenis tulisan jurnalistik yang informatif.

Gunakan bahasa yang baik dengan EYD yang benar hingga tulisan Anda enak untuk dibaca. Karena travel blog ini lebih mengarah pada segmentasi anak muda, maka sesekali juga Anda bisa mengunakan gaya bahasa anak muda (tapi bukan bahasa yang terlalu gaul) dalam travel blog Anda. Hal ini dilakukan agar tulisan Anda bisa lebih cair, hangat dan komunikatif dengan para pengunjung blog Anda.

3. Buat Desain Blog Yang Menarik
Jenis travel blogger memang membutuhkan sesuatu yang menarik selain dari sisi konten atau tulisan. Ya, dalam blog traveling, selain konten satu hal yang perlu diperhatikan ada sisi desain. Desain yang dimaksud disini adalah tampilan blog dan juga desain pelengkap konten seperti foto atau bisa juga video. Jadi jika Anda memutuskan untuk menjadi travel blogger, Anda harus membuat desain semenarik mungkin. Desain yang menarik disini bertujuan agar pengunjung blog Anda bisa betah berlama-lama menjelajah blog Anda.

Terkait desain tampilan blog ini Anda bisa mencoba berbagai template blog yang cerah dan #SEOfriendly. Carilah beberapa template gratis di mesin pencari atau jika Anda punya dana, belilah template yang bagus atau pesan dari jasa pembuat desain template atau website sesuai dengan keinginan Anda. Jangan terlalu menambah banyak widget yang justru menambah berat proses load. Lebih baik sedikit widget namun cepat dan lancar.

Selain desain blog, desain pelengkap tulisan juga berperan penting dalam menjadikan blog travel Anda sukses. Travel blog yang memang mengharuskan blogger memiliki sejumlah dokumen foto ini mengharuskan mereka sedikit paham tentang ilmu fotografi. Dengan memahami teknik pemotretan, Anda bisa menghasilkan desain foto yang menarik untuk menjadikan blog atau website Anda lebih baik lagi. Sebenarnya teknik fotografi ini bisa diakali dengan menggunakan berbagai aplikasi atau software pendukung.

Namun jika Anda benar-benar ingin professional sedang Anda belum bisa menggunakan memahami teknik fotografi, Anda bisa menyewa jasa fotografi handal untuk menghasilkan desain foto traveling Anda dengan lebih menarik. Dan satu lagi jangan lupa memberi watermark (tanda hasil karya) agar karya Anda terhindar dari plagiarisme yang tidak bertanggung jawab.

Sumber : https://www.maxmanroe.com