• SMK NEGERI 1 PRAYA
  • KOMPAK (Kompeten Kompetitif Kerja)

AIDS, Mari Kita Renungkan Sejenak..!!

Hai teman-teman...
Harus kalian ketahui nih, 

Ternyata selain hari AIDS Sedunia, ada lagi loh momentum yang tidak kalah pentingnya setiap tahun yakni Malam Renungan AIDS Nusantara.
Sebagai gerakan bersama untuk membangun kesadaran dan kepedulian warga masyarakat terhadap HIV dan AIDS.

Di Indonesia, sebenarnya kegiatan ini sudah berlangsung sejak 1991 tetapi, baru lima tahun kemudian Malam Renungan AIDS Nusantara ini diperingati secara meluas diberbagai tempat.
Pemerintah kemudian menetapkan 15 mei sebagai peringatan Malam Renungan AIDS Nusantara (MRAN) atau Candlelight Memorial. [1]

pada akhir 2018, sebanyak 37,9 juta orang di dunia hidup dengan HIV dan 770.000 orang meninggal karena AIDS. Masih banyak orang yang tidak dapat mengakses layanan pencegahan HIB (Haemophilus influenzae type b) adalah bakteri yang dapat menyebabkan infeksi di berbagai bagian organ tubuh, seperti otak saluran pernapasan, paru-paru, tulang, hingga jantung. hal ini dikarenakan adanya diskriminasi, kekerasan, bahkan penganiayaan. Oleh karena itu, masyarakat diingatkan untuk memainkan peran penting dalam memberikan layanan penyelamatan jiwa ini kepada orang-orang yang paling membutuhkannya. [2]

Sebenarnya, apa sih AIDS itu?
AIDS (Acquired Immune Defience Syndrome) adalah kumpulan gejala akibat kekurangan atau kelemahan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun. Biasanya penyakit ini dikaitkan dengan HIV (Human Immunodeficiency Virus) yang merupakan virus yang merusak sistem kekebalan tubuh, dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Semakin banyak sel CD4 yang dihancurkan, kekebalan tubuh akan semakin lemah,
sehingga rentan diserang berbagai penyakit. [3]


Nah, Bagaimana sih ciri-ciri orang yang terkena Penyakit ini?
Berikut adalah beberapa tanda - tandanya:
1.Demam
2.Kelelahan
3.Pegal, nyeri otot dan sendi, pembengkakan kelenjar getah bening
4.Sakit tenggorokan dan kepala
5.Ruam pada kulit
6.Mual, muntah dan diare
7.Penurunan berat badan
8.Batuk kering
9.Keringat malam
10.Perubahan pada kuku
11.Infeksi jamur
12.Kesulitan berkonsentrasi
13.Herpes mulut dan herpes kelamin
14.Kesemutan dan kelemahan
16.Tidak teraturnya menstruasi

Lalu, bahaya apa sih yang ditimbulkan akibat gejala AIDS ini?
1.Tuberklosis(TBC)
2.Toksoplasmosis
3.Kriptosporidiosis
4.Sitomegalovirus
5.Kandidiasis
6.Kriptokokus meningtis
7.Limfoma/kanker kelenjar getih benih
8.Pneumonia kronis
9.Sindrom wasting pada AIDA
10.Herpes simpleks dan herpes zoster.

Ih ngeri banget kan..
Saran saya, kalian jangan sampai terpapar deh..
Perlu diketahui juga nih teman-teman, penularan penyakit ini hanya dapat terjadi jika kita berhubungan gelap dengan penderita HIV/AIDS. Bukan hanya itu, bahkan penularan nya bisa melalui cairan yg ada dalam tubuh seperti halnya ASI dan cairan reproduksi.

Nah, perlu juga diketahui bahwa infeksi dari penyakit ini dapat dicegah dengan beberapa langkah sebagai berikut [4] :
1. Hindari berhubungan dengan lebih dari satu pasangan
2. Lebih baik jujur untuk memberitahu pasangan anda bila anda positif HIV
3. Diskusikan kembali dengan dokter bila anda terdiagnosa positif HIV/AIDS terlebih jika dalam masa kehamilan, mengenai penanganan selanjutnya dan perencanaan persalinan,untuk mencegah penularan dari ibu kejanin
4. Gunakan pengaman yang baru tiap berhubungan dengan pasangan kalian.
5. Nah, penting banget Bagi pria, disarankan untuk berkhitan untuk mengurangi resiko terpapar infeksi HIV/AIDS

Walaupun begitu, sebagai manusia yang baik hati. Sebaiknya kita jangan pernah mengucilkan orang-orang yang terpapar dengan penyakit ini, justru kita harus memberikan semangat pada mereka agar kuat menjalani penyembuhan.

Kami Mading 'O' Saka satya mengucapkan "SELAMAT MALAM RENUNGAN AIDS NUSANTARA"
Yuk bersama kita Suarakan "Katakan tidak pada AIDS"

 

Sumber :

[1] https://rumahcemara.or.id/malam-renungan-aids-nusantara-mran/

[2] https://www.kemenkopmk.go.id/menuju-indonesia-bebas-aids-2030

[3] http://spiritia.or.id/artikel/detail/3

[4] https://www.alodokter.com/hiv-aids/pencegahan

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
’’Mitos, Fakta, dan Keunikan Makam Wali Nyato’ Dalam Membangkitkan Islam di Tanah Sasak’’

’’Mitos, Fakta, dan Keunikan Makam Wali Nyato’ Dalam Membangkitkan Islam di Tanah Sasak’’         Makam Wali Nyato&rsquo

26/12/2020 01:25 - Oleh Adminweb - Dilihat 522 kali
SUDAH MULAI.!! MPLS SMKN 1 Praya (Perhatikan Syarat dan ketentuannya)

Haiii sobat Sakasatya gimana nih kabarnya..? Bagi kalian siswa baru udah pada siap untuk MPLS? Siap ga siap kalian harus tetap siap dong ya, dan tentunya harus semangat. kali ini mimin

19/07/2020 21:05 - Oleh Adminweb - Dilihat 479 kali
ASIK!! DAPAT KARTU GRATIS

19/07/2020 - Pemerintah provinsi NTB melalui surat edaran terbarunya terkait masa transisi untuk menyambut New Normal dalam dunia pendidikan khususnya di lingkungan sekolah. Pengunduran

19/07/2020 19:02 - Oleh Adminweb - Dilihat 1229 kali
PENTING!! Info Daftar Ulang & Beasiswa Jurusan di SMKN 1 Praya

Apa kabar teman-teman Siswa Baru SMKN 1 PRAYA?? waah, Semoga sehat semua yaa.. Tahap pendaftaran peserta didik baru telah berakhir pada bulan Juni lalu dan pengumuman penerimaan pada se

03/07/2020 21:37 - Oleh Adminweb - Dilihat 927 kali
BHAYANGKARA DAN KONDISI SAAT INI

01/07/2020. Bhayangkara merupakan pasukan elit pada zaman kerajaan Majapahit, yang digunakan sebagai alat pertahanan dan invasi kerajaan. Pasukan Bhayangkara memiliki pengaruh besar bag

01/07/2020 15:12 - Oleh Adminweb - Dilihat 289 kali
Pembagian Raport SMKN 1 Praya..???

29/06/2020 - Ujian Akhir Semester (UAS) SMKN 1 PRAYA telah usai. Kini saatnya menunggu penilaian akhir dibagikan untuk seluruh siswa. Pengumuman kenaikan kelas dan pembagian Raport yang

29/06/2020 15:36 - Oleh Adminweb - Dilihat 1187 kali
UPDATE PPDB 2020 !! SMKN 1 Praya ( Pengumuman Penerimaan siswa baru SMK )

Pengumuman penerimaan di suatu instansi tentunya menjadi suatu momen yang sangat di nanti-nanti oleh semua orang, terlebih instansi tersebut menjadi idaman sejak lama. Nah, dalam kesemp

29/06/2020 02:30 - Oleh Adminweb - Dilihat 1958 kali
New Normal di SMK, Siapkah..??

SMKN 1 Praya – Rapat Evaluasi pembelajaran dari rumah, persiapan tahun ajaran baru, dan persiapan New Normal untuk tingkat SMA, SMK, SLB se-Lombok Tengah yang di laksanakan di aul

22/06/2020 11:58 - Oleh Adminweb - Dilihat 292 kali
WAJIB BACA..!!! BAGI CPDB SMKN 1 PRAYA PEMILIH JURUSAN TKJ DAN MULTIMEDIA

SMKN 1 Praya — 19 Juni 2020, Pelaksanaan PPDB SMKN 1 Praya di tahun ini sangatlah berbeda dengan tahun lalu. Perbedaan ini terjadi akibat adanya sebuah wabah virus yang sangat mem

19/06/2020 15:02 - Oleh Adminweb - Dilihat 166 kali
CATAT TANGGALNYA ..!! PPDB SMKN 1 PRAYA RESMI DI BUKA

Sabtu, 06/06/2020 Penerimaan siswa Baru di lingkungan SMKN 1 Praya resmi di buka setelah DIKBUD Provinsi NTB merilis Juknis PPDB 2020 yang sebelumya merupakan Draft  Download

06/06/2020 10:18 - Oleh Adminweb - Dilihat 928 kali
Makna "PERSATUAN INDONESIA" (Hari Pancasila 01 Juni 2020)

Tanggal 1 Juni selalu diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila, dasar negara yang menjadi alat pemersatu bangsa dari Sabang sampai Merauke. Salah satu contohnya adalah pada bunyi sila k

01/06/2020 13:53 - Oleh Adminweb - Dilihat 562 kali
HARI TANPA TEMBAKAU SEDUNIA (31 Mei 2020)

Hari Tanpa Tembakau Sedunia diperingati di seluruh dunia setiap tahun pada tanggal 31 Mei. Gerakan ini menyerukan para perokok agar berpuasa tidak merokok (mengisap tembakau) selama 24

31/05/2020 10:17 - Oleh Adminweb - Dilihat 215 kali
HARI LANJUT USIA (29 Mei 2020)

Pernah dengar gak Hari Lanjut Usia Nasional..? Hari Lanjut Usia Nasional atau disingkat HLUN merupakan salah satu hari penting yang diperingati setiap tgl 29 Mei.Hal ini sebagai wujud k

31/05/2020 10:13 - Oleh Adminweb - Dilihat 196 kali
GERAKAN REFORMASI INDONESIA

Gerakan Reformasi merupakan penyebeb utama yang menjatuhkan Soeharto dari kekuasaanya.Aksi demontarsi ini mulai terjadi sejak Soeharto menyatakan bersedia untuk dipilih kembali sebagai

31/05/2020 10:10 - Oleh Adminweb - Dilihat 136 kali
Catatan Kebangkitan Nasional

Hari kebangkitan Nasional selalu diperingati setiap tgl 20 Mei karena dianggap sebagai organisasi yg menjadi pelopor bagi organisasi kebangsaan lainnya, maka tanggal didirikannya Boedi

15/03/2020 19:18 - Oleh Administrator - Dilihat 257 kali